Tips dan Trik Android 6.0 Marshmallow

By on November 25, 2015

Android versi terbaru yaitu Android 6.0 Marshmallow menjadi topik yang hangat dibicarakan saat ini karena tampilannya yang terlihat lebih baik serta fitur terbaru yang tidak ada di Android 5.0 Lollipop dan versi-versi Android sebelumnya. Berikut ini kumpulan Tips dan Trik untuk yang penasaran ketika menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

Kumpulan Tips dan Trik Android Marshmallow

1. Uninstall Aplikasi Tanpa Melalui Application Manager

Tips Android M - Uninstall Aplikasi Tanpa Melalui Application ManagerDi Android Marshmallow, ketika kamu ingin uninstall aplikasi cukup melalui Homescreen dan App Drawer dengan cara drag ikon aplikasi yang ingin dihapus ke tulisan Uninstall yang ada di bagian atas.

2. Mengaktifkan Developer Options

Tips Android M - Mengaktifkan Developer OptionsDeveloper Options pastinya bukan hal baru bagi pengguna Android. Melalui Developer Options ini kamu bisa mengaktifkan fitur seperti USB Debugging, OEM Unlocking, Show Touches, dan lain sebagainya. Untuk mengaktifkan Developer Options melalui Settings, About lalu tekan sebanyak 7 kali di bagian Build Number hingga kamu mendapatkan notifikasi.

3. Pilih Tema Gelap atau Terang

Tips Android M - Pilih Tema Gelap atau TerangMengapa banyak yang mempermasalahkan tema ini? Tentu saja karena semakin berkembangnya teknologi layar yang semakin bagus sekaligus semakin boros baterai. Tema gelap atau Dark Theme ini dapat membantu mengurangi penggunaan daya baterai oleh layar. Untuk mengaktifkan pemilihan Theme ini melalui Settings lalu Developer Options. Pilih Theme Light, Dark, atau Automatic.

4. Individual App Permission

Tips Android M - Individual App PermissionSeperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya jika kali ini permission sebuah aplikasi bisa diatur per satuan, sehingga pengguna bisa memilih apakah aplikasi tersebut mendapatkan ijin untuk mengakses fitur lain atau tidak secara satu per satu tidak sekaligus.

5. UI Tuner

Tips Android M - UI TunerUI Tuner bisa digunakan setelah kamu mengaktifkan Developer Options (baca poin kedua) karena pilihan untuk mengaktifkan UI Tuner ini ada di dalam Developer Options. Melalui UI Tuner ini kamu bisa memilih apa saja yang ingin ditampilkan pada Quick Settings, sehingga benar-benar hanya muncul pengaturan yang biasa kamu gunakan di Android Marshmallow.

6. RAM Manager

Tips Android M - RAM ManagerDi Android M, kamu dapat mengecek penggunaan RAM dari setiap aplikasi dan juga memiliki pilihan Force Stop. Karena RAM merupakan hal paling penting dalam menjalankan sebuah proses di smartphone, maka Google menyediakan informasi ini agar pengguna dapat melihat penggunaan RAM secara keseluruhan.

7. Ignore Battery Optimization

Tips Android M - Ignore Battery OptimizationDengan menggunakan pilihan Ignore Battery Optimization maka kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang tidak terkena efek penghematan baterai agar prosesnya tetap berjalan optimal seperti misalnya Google Play Store.

8. Aktivasi Google Now dari Lock Screen

Di Android M, kamu bisa menggunakan Google Now bahkan ketika layar sedang dalam keadaan terkunci atau lock screen. Cukup dengan menggeser tangan kiri dari ujung layar untuk mengaktifkan Google Now.

9. Mematikan Notifikasi yang Muncul

Tips Android M - Mematikan Notifikasi yang MunculKali ini kamu bisa mengatur apakah kamu mau menerima notifikasi dari sebuah aplikasi yang muncul dari notification center. Di Android M, kamu bisa memilih dengan mudah agar notifikasi tersebut tidak muncul untuk aplikasi yang tidak penting, dan muncul ketika aplikasi itu penting.

10. Android Marshmallow Easter Egg

Tips Android M - Android Marshmallow Easter EggUntuk yang sudah mencoba menggunakan Android M, coba tekan di bagian Version Number secara terus menerus. Logo M akan berubah menjadi lambang Marshmallow dengan antena Android.

Sumber: AndroidPit.com

About Bingki Parmaza

Leave a Reply