SQL Server Alias

By on November 25, 2015

Pada saat kita membuat suatu aplikasi yang koneksi datanya ke SQL server, maka kita membuat connection string untuk koneksi tersebut. Yang mana pada biasanya connection string tersebut kita isi dengan dengan nama kompi SQL server atau IP addressnya.

Bagaimana jika suatu waktu SQL Server kita rusak  atau aplikasi kita ingin kita pindahkan ketempat lain dengan SQL Server yang berbeda??? yang pasti caranya ada 2, yaitu merubah setingan koneksi kita di aplikasi dan cara lain yaitu dengan menggunakan SQL Server Alias.

Nah saat ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang konfigurasi SQL Server Alias.

Adapun manfaat dari kita menggunakan SQL server alias ini antara lain adalah kita tidak perlu mengkonfigurasi ulang aplikasi yang sudah kita buat apabila kita mengganti IP ataupun komputer dari SQL server, yaitu cukup dengan menyamakan alias kita dengan nama sql server sebelumnya.

Cara membuat SQL Server alias ada 2 (dua) :
1. Dari SQL Server Configuration Manager

SQLConfi

SQLalias
2. SQL Server Client Network Utility

Berbeda dengan SQL Server Configuration Manager tadi, konfigurasi SQL Server Client Network Utility kita lakukan di kompi klien SQL, adapun caranya kita harus menginstall SQL Server Client Tools terlebih dahulu, kemudian dari RUN jalankan Cliconfg.exe maka akan muncul form seperti dibawah ini :

CLICONFG

Selanjutnya tinggal klik add untuk menambah alias SQL Server.

NEWALIAS

Untuk pilihan port anda bisa memilih dynamical atau anda tentukan sendiri portnya.

 

Sepertinya cukup sekian dulu dari saya mengenai SQL Server Alias, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

About joehan

Leave a Reply