Mencegah Virus Dari USB Flashdisk

By on November 26, 2015

Hallo pembaca setia ITJambi, semoga hari ini kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat agar dapat terus belajar dan membangun negeri kita tercinta ini. hari ini penulis ingin berbagi sedikit trik yang mungkin sudah agak usang bagi kalangan IT’ers expert, yaitu cara mencegah virus menyebar ke komputer kita dari USB flash drive.

Dikondisi sekarang yang mana dunia IT sudah sangat berkembang dan devicenyapun sudah sangat murah, apalagi untuk USB flash drive. Sehingga memudahkan kita untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain. Hal ini tentu membawa konsekuensi tersendiri, antara lain penyebaran virus. Nah untuk itulah kita harus mencegahnya walau sekecil apapun, karena virus tersebut apabila menginfeksi komputer kita tentu akan sangat menyebalkan.

Salah satu caranya untuk mencegah virus masuk ke komputer kita melalui USB Flashdisk adalah dengan mematikan auto run di komputer kita. kan ada anti virus gan?? Anti virus belum tentu bisa mengenal semua varian virus, apalagi virus yang baru release. karena biasanya vendor anti virus baru mengeluarkan update setelah virus tersebut tersebar dan menginfeksi banyak korban. oleh karena itulah kita harus mencegahnya dengan cara lain.

Adapun cara untuk mematikan autorun adalah sebagai berikut. auto run itu apa gan?? autorun/autoplay itu adalah komponen/policy windows yang mengatur aksi yang akan dilakukan oleh windows sewaktu USB/removable device dihubungkan ke komputer.

AutoPlay Disabled

Biasanya virus memanfaatkan fitur ini untuk melakukan penyebaran dari media USB. Berikut adalah cara untuk mematikan autorun/autoplay dikomputer kita

  1. Dari Run melalui Start Menu atau dengan menekan tombol windows + R, ketikan gpedit.msc lalu enter atau klik OK
  2. Maka akan terbuka jendela local group policy editor, dari sini pilih Administrative Templates –> Windows Components –> AutoPlay Policies
  3. Pada jendela sebelah kanan pilih Turn Off Autoplay, ubah setinggannya menjadi Enabled dan untuk pilihan Turn of Autoplay on nya pilih All Drive. lalu klik OK atau Apply.

LocalPolicy

 

Sekarang fitur autorun/autoplay dikomputer anda tidak aktif lagi, untuk memastikan silahkan colokkan flashdisk dikomputer Anda.

Selamat mencoba dan terus maju.

About joehan

Leave a Reply