Kustinah Kusnadi: Saksi Transformasi Teknologi

By on April 6, 2015

Dua puluh satu tahun tentu bukan waktu yang sebentar untuk meniti karir. Dalam kurun waktu yang cukup panjang itu Kustinah Kusnadi menyaksikan tumbuh-kembangnya perusahaan multi finance di mana ia bekerja serta transformasi teknologi yang telah terjadi di sana.

Kalau sekarang staf divisi TI yang ia bawahi sudah berjumlah 25 orang, IT Division Head PT Mitsui Leasing Capital Indonesia (Mitsui Leasing) ini pernah sendirian menangani teknologi di perusahaan yang berafiliasi dengan Japan Agriculture itu. Ya, bukan hanya durasi karirnya yang menarik perhatian kami, tetapi juga posisinya sebagai orang TI pertama di Mitsui Leasing.

Sarjana manajemen informatika Universitas Bina Nusantara (dulu: STMIK) ini mengalami dan menjalani berbagai transformasi teknologi perusahaan. “Dari sistem manual, kami memulai dari aplikasi berbasis DOS dengan LAN di masing-masing cabang,” kenangnya tentang situasi di awal tahun 2000an. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, Kustinah dan tim TI semakin berkembang memindahkan sistem informasi ke atas platform Windows. Jaringan dibuat terintegrasi dan sistem pun disentralisasi.

Perpindahan-perpindahan ini tentunya bukan tanpa masalah. Sewaktu beralih dari sistem manual ke DOS, perempuan kelahiran Jakarta ini mengaku kesulitan menghadapi user. Dan ketika sistem dipindahkan ke Windows, kesulitan datang dalam proses migrasi database. “Karena saat itu jumlah data sudah banyak sekali dan strukturnya sangat berbeda,” cerita Kustinah.

Kini, Mitsui Leasing sudah beranjak lagi ke transformasi teknologi berikutnya, yakni virtualisasi dan mobility, dua solusi teknologi informasi yang kian jamak diimplementasikan di perusahaan masa kini. Kustinah melihat virtualisasi akan sangat membantu bisnis Mitsui Leasing dari sisi kecepatan menyediakan sumber daya komputasi saat bisnis membutuhkan. Kecepatan mempersiapkan sistem ini menjadi penting bagi perusahaan yang memiliki misi memberikan layanan dan solusi pembiayaan otomotif yang tepat waktu, akurat, dan kreatif kepada para pelanggan dan rekanan bisnisnya itu.

Sementara mobility diyakini ibu satu anak ini akan memudahkan user bekerja kapan saja dan di mana saja, sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan dan meningkatkan penjualan. Selain aplikasi, menurut Kustinah, infrastruktur pendukung mobility juga penting disediakan dan dikelola oleh perusahaan.

Meski senantiasa meng-update dan meng-upgrade platform dan sistem TI yang ia kelola dan diberi kepercayaan penuh untuk itu, Kustinah mengaku tidak agresif dalam menerapkan teknologi. “Tetap harus diselaraskan dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan,” tegasnya.
Selain transformasi teknologi, perubahan peran seorang IT leader pun ia saksikan. Menurut perempuan yang memulai karirnya di bidang TI semenjak duduk di bangku kuliah semester 3 ini, sebagai pemimpin di bidang TI ia juga harus mampu mengelola sumber daya manusia (SDM) di timnya dan banyak berkomunikasi dengan manajemen untuk mencapai tujuan yang telah digariskan perusahaan.

Untuk soal pengelolaan SDM, Kustinah sepertinya tidak akan kesulitan. Sempat berangan-angan menjadi psikolog di masa remajanya, ia memang suka memberi saran, menjadi pendengar yang baik saat orang ingin ‘curhat’. “Saya suka melakukan counselling,” ujar Kustinah seraya bercerita bahwa ia memasuki bidang TI karena ‘kejeblos’.

“Dulu, saya pikir pekerjaan di bidang komputer hanyalah duduk manis di depan layar monitor dan lebih banyak mengandalkan kecerdasan otak, bukan kekuatan fisik,” cerita Kustinah mengenang awal perkenalannya dengan TI. Ternyata pekerjaan yang ia temui jauh dari pemikiran itu. Seperti diceritakan di awal, wanita yang gemar jalan-jalan ini adalah orang TI pertama di Mitsui Leasing. Sendirian, ia harus menangani banyak hal, termasuk membongkar komputer (yang rusak) dan memasang kabel di kolong meja.

Kalau ia bertahan sampai 21 tahun tentunya karena Kustinah Kusnadi sangat menikmati pekerjaannya sebagai orang TI, dan ada banyak kisah sukses bertransformasi yang bisa ia bagi.

Sumber: http://www.infokomputer.com/2014/12/profil/kustinah-kusnadi-saksi-transformasi-teknologi/

About Bingki Parmaza

Leave a Reply