Ini Tips Menghindari Internet Surveillance

By on April 5, 2015

Pasca terbongkar kasus Snowden, banyak orang mulai mengkhawatirkan aktifitas internet surveillance. Sebuah aktifitas mata-mata yang dilakukan oleh NSA pada banyak pengguna Internet tanpa mendapat izin terlebih dahulu.

Internet surveillance yang dilakukan oleh NSA itu menjadi ketakutan tersendiri karena banyak pihak menganggap bahwa tindakan tersebut melanggar privasi individu. Komunitas Privacy First adalah salah satu organisasi yang sangat menentang internet surveillance.

Privasi adalah hak asasi manusia. Pelanggaran terhadap privasi berarti adalah pelanggaran terhadap HAM itu sendiri. Tidak hanya itu saja, kini sudah banyak gerakan yang menuntut dunia Internet bebas dari penyadapan oleh pemerintah dengan alasan apapun.

Pew Research Center merilis sebuah survey yang menyatakan bahwa sejumlah orang sudah mulai takut berselancar di dunia maya karena adanya aktifitas NSA tersebut. Sebuah poling yang disurvey pada 452 orang dewasa diambil kesimpulan bahwa rata-rata dari responden tersebut mengaku mereka kehilangan privasi dan kontrol terhadap data rahasianya.

Internet surveillance tersebut dilakukan oleh NSA untuk mencari individu mana saja yang terlibat terorisme. Untuk menghindari internet surveillance, ada baiknya mereka yang ingin berselancar di dunia maya memperhatikan tips berikut.

1. Stealthty Searching

Apakah Anda ingin data dan informasi rahasia pribadi disimpan dan dianalisis?

Jangan pernah gunakan alat pencari situs terkenal seperti Google, Yahoo ataupun Bing. Ketiga pencari situs terkenal itu menyimpan data pengguna dan menjualnya pada produsen produk.

Tentunya hal itu sangat menganggu karena tidak semua orang butuh produk tersebut. Hal tersebut berlaku juga ketika NSA menyimpan data pengguna melalui alat pencari situs. DuckDuckGo adalah search engine yang sedang naik daun karena alat pencari situs tersebut tidak menyimpan data personal dan rahasia tiap-tiap individu.

2. Scramble Your Email

Pretty Good Privacy adalah sebuah aplikasi enkripsi yang mampu mengenkripsi pos-el pribadi dengan aman tanpa perlu khawatir dibaca pihak ketiga. Aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang sering berkomunikasi bisnis melalui pos-el. Menggunakan Pretty Good Privacy setidaknya bisa melindungi setiap informasi penting di dalamnya.

3. Cloak Your Browser

Abine, salah satu perusahaan yang membuat perambah Internet pribadi yang bernama Blur, dapat membantu individu yang tidak ingin data pribadi mereka terendus oleh pihak ketiga saat berselancar di dunia maya.

Perambah ini tidak akan menganalis tingkah laku pengguna ketika menggunakan Internet. Kelebihan fitur yang dimiliki oleh Blur adalah perambah tersebut dapat menyembunyikan password dan data kartu kredit sehingga tidak bisa dilacak oleh pihak ketiga.

4. Cut The Internet

Jangan menggunakan Internet dalam berkomunikasi. Ini bisa jadi ide yang bagus. Berdasarkan riset dari Pew Research Center, sekitar 14 persen dari respondennya memilih untuk tidak menggunakan Internet ketika akan berkomunikasi yang sifatnya penting. Mereka memilih bertatap muka untuk menghindari penyadapan oleh NSA.

Source : www.ciso.co.id

About Bingki Parmaza

Leave a Reply