EMC Percepat Penerapan Data Lake

By on April 5, 2015

EMC belum lama ini mengumumkan Federation Business Data Lake. Apa lagi ini? Ini adalah solusi rancangan lengkap yang meliputi storage terkemuka dan teknologi analitis Big Data dari EMC Information Infrastructure, Pivotal dan VMware. Tujuannya membantu pelanggan dalam memaksimalkan era baru Big Data, sehingga memberikan jalan bagi pemahaman baru dan perbedaan besar.

Dalam waktu singkat, hanya 7 hari, Federation Business Data Lake (FBDL) menyederhanakan tugas rumit yang besar dalam membangun Data Lake untuk analisis Big Data. Sampai saat ini, membangun Data Lake yang efektif masih sulit dan rumit. Perusahaan TI harus menerapkan dan mengatur platform analisa yang tepat, dan penyimpanan yang tepat untuk setiap kasus penggunaan analisa, dari Hadoop ke real-time. Ketika lingkungan sudah tercipta, data harus segera diunduh dengan seluruh hak akses yang tepat dan pengelolaan yang diterapkan di susunan data. Penerapan lingkungan dan susunan data adalah tugas yang rumit dan memakan waktu, sehingga menghambat TI untuk memenuhi kebutuhan pengguna bisnis.

Business Data Lakes mengisi kesenjangan yang dibuat oleh gudang data tradisional. Ia terdiri dari data terstruktur dan data tidak terstruktur yang berasal dari berbagai sumber dan analisa terfokus pada pembangunan model untuk memprediksi masa depan. Perusahaan yang berhasil menggunakan Data Lakes memanfaatkan data dan model prediktif untuk membuat produk, aplikasi dan model bisnis baru untuk mendefiniskan kembali industri mereka, menjalankan atau meningkatkan peran sebagai “Pemimpin Pasar”

Nah, FBDL yang bergabung dengan Enterprise Hybrid Cloud Solution akan mendefinisikan kembali infrastruktur untuk memaksimalkan kecepatan dan agility dalam perusahaan TI yang menggunakan Hybrid Cloud dan Data Lakes. Ia menyajikan tiga fungsi: Penyimpanan, Analisa, Surface dan Act.

Analytic layer merupakan sebuah aplikasi virtual yang sempurna beroperasi dengan VMware melalui aplikasi Vblocks dengan kasus penggunaan predefined analytics dan pengadaan otomatis dan konfigurasi. EMC Isilon menyediakan Data Lake StorageFoundation yang memberikan keseimbangan ideal bagi kapasitas dan performa.

Analytics layer terdiri dari Pivotal Big Data Suite, termasuk PivotalHD yang menampilkan mesin SQL–on-Hadoop terkemuka di dunia, HAWQ. Pivotal Big Data Suite menyediakan SQL berkelas enterprise yang memungkinkan integrasi tanpa adanya ganguan dan dapat bekerja dengan platform analitiss teratas seperti SAS, Tableu dan lain-lain, di luar data yang tersimpan di Hadoop.

EMC juga memberikan dua tambahan Business Data Lakes untuk memungkinkan integrasi dengan distribusi Hadoop pilihan pelanggan termasuk Cloudera dan Hortonworks bersama dengan distribusi Hadoop berbasis Platform Open Data di masa depan.

Federation Business Data Lake baru akan tersedia pada April 2015 di negara-negara tertentu.

Sumber: http://www.pcplus.co.id

About Bingki Parmaza

Leave a Reply