Cipher Substitusi (Substitution Cipher)

By on February 2, 2018

Cipher Substitusi (Substitution Cipher) adalah salah satu bagian dari Kriptografi Klasik. Klik disini untuk pembahasannya.

Cipher substitusi adalah cipher dengan cara mensubstitusi huruf dengan huruf yang lain sesuai dengan yang ditetapkan. Prinsip utama cipher substitusi adalah menukarkan setiap huruf pada plainteks dengan sesuatu. Cipher substitusi termasuk algoritma kriptografi klasik. Idenya adalah menggantikan sebuah atau lebih huruf pada plainteks dengan sebuah atau lebih huruf pada plainteks dengan aturan tertentu. Aturan tersebut bergantung cara proses enkripsi dan dekripsi. Cipher subtitusi memiliki beberapa varian atau jenis.

Jenis-jenis cipher substitusi :

  1. Cipher Abjad-Tunggal (Monoalphabetic Cipher)

Jenis cipher substitusi ini sering juga disebut cipher substitusi sederhana. Ide cipher substitusi abjad-tunggal adalah menggantikan satu karakter pada plainteks menjadi satu karakter pada cipherteks dengan aturan tertentu. Fungsi ciphering-nya merupakan fungsi satu ke satu. (mengganti setiap huruf pada plainteks dengan huruf yang bersesuaian).

Pada metode ini string kunci menjadi huruf-huruf awal subtitusi dari plaintext. Setiap huruf dalam kunci hanya diperkenankan muncul sekali. Berikut contoh penggunaan monoalphabetic chiper.

CONTOH

Key/Kunci = BINGKI PARMAZADikarenakan setiap huruf dalam kunci hanya diperkenan muncul sekali, kunci tersebut kita sederhanakan menjadi BINGKPARMZ

Selanjutnya huruf-huruf lain yang tidak termasuk kunci secara berurutan ditambahkan dibelakang kunci tersebut sehingga membentuk chiper alpahbet yang utuh. Berikut ini perbandingan antara plain alphabet dan chiper alphabet.

PLAIN ALPHABET A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
CIPHER ALPHABET B I N G K P A R M Z C D E F H J L O Q S T U V W X

Y

Setelah Cipher alphabet didapat proses ENKRIPSI dan DESKRIPSI dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan setiap huruf pada Plain dan Cipher sesuai tabel diatas.

Contoh 1 [PT = PLAIN TEXT || CT = CIPHER TEXT]:

PT =  O  V  I  E   D  W  I  K  A   S  A  R  I

CT =  H  U M K  G  V  M C  B   Q B  O M

— Contoh 2:

PT  =  INI KALIMAT RAHASIA

CT  =  MFM CBDMEMS OBRBQMB

— Contoh 3

PT = THE QUICK BROWN FOX JUMPS OVER THE LAZY DOG

CT = SRK LTMNC IOHVF PHW ZTEJQ HUKO SRK DBYX GHA

About Bingki Parmaza

Leave a Reply